Minggu, 10 Maret 2013

Ucapan Ulang Tahun

Ucapan ulang tahun, mengucapkan ulang tahun.

Bagaimana keyakinan kita tentang hal tsbt ? Bermacam, pro dan kontra seputar hal tsbt. Sebuah keyakinan, saat ini, setahun ke depan, atau setahun kebelakang apakah bisa atau tetap sama apa apa yang kita yakini tsbt ?

Pengetahuan, hidup adalah pembelajaran, sepanjang hidup adalah proses pembelajaran yang tiada henti, setiap saat, setiap waktu sebenarnya pembelajaran bagi diri kita sendiri. Hidup adalah sebuah perjalanan belajar. Apapun yang kita ingin pelajari, dalam perjalanan hidup kita tsbt, apapun.

Dahulu, setahun atau mungkin lebih, saya tidak pernah mengucapkan selamat ulang tahun, karena menurut pandangan dan pengetahuan yang terketahui berdasarkan pada saat itu atau tsbt. Terkadang, biasanya, rata rata, kebanyakan, pada umumnya kita pasti bisa berbeda atau sama dalam memahami sesuatu hal yang walaupun dari suatu hal yang sama, walau dari suatu sumber yang sama. Wajarkah ? Wajar dan tidak wajar, dalam artian yang terjadi adalah seperti atau sebagaimana yang terjadi pada dunia kita, sebagaimana kita bisa saksikan dan lihat dunia tempat kita berada.

Mengucapkan, merayakan, seperti berbeda arti dan makna pekerjaan dari dua kata tsbt, rasanya. Selamat pagi, selamat siang, selamat sore, selamat malam, sebuah ucapan, mengucapkan berkaitan dengan keadaan pada saat tsbt, tanpa perayaan, merayakan keadaan yang terjadi pada saat tsbt, sekedar pengucapan.

Met ultah ya, selamat ulang tahun, semoga panjang umur, semoga mendapatkan yang terbaik seperti yang dicita citakan dll, dst,dlsb.

Ucapan, mengucapkan, apakah merayakan ? Bisa ya, bisa tidak. Dalam artian apakah kita mengucapkan selamat ulang tahun tsbt pada saat perayaan ulang tahun orang yang berulang tahun tsbt? Jika ya, dalam artian kita mengucapkannya pada saat perayaan ulang tahun orang tsbt, apakah sama jika kita sekedar kebetulan bertemu orang tsbt dan mengetahui bahwa kebetulan orang yang kebetulan berulang tahun pada hari itu kita beri ucapan dan biasanya disertai doa kebaikan untuk diri orang tsbt sama dengan ucapan pada saat kita mengucapkan jika atau pada perayaan, jika orang yang berulang tahun kebetulan merayakan ulang tahun dirinya tsbt ?

Biasanya orang akan menggunakan dalil dari hadist ini untuk atau memandang dan menentukan tentang mengucapkan selamat ulang tahun tsbt.

“Saya terutus kepada kalian sedang kalian (dulunya) mempunyai dua hari raya yang kalian bermain di dalamnya pada masa jahiliyah, dan sungguh Allah telah mengganti keduanya untuk kalian dengan yang lebih baik dari keduanya, (yaitu) hari Nahr (idul Adh-ha) dan hari Fithr (idul Fithri)”. (HR. An-Nasa`i (3/179/5918) dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 4460)

Mengucapkan, merayakan, berbeda atau sama ?

Terkadang, tanpa kita sadari, kita sering menjadi berlebih lebihan dalam menyikapi atau dan melaksanakan keyakinan atau apa yang kita yakini, agama yang kita kita imani. Padahal masih begitu banyak hal hal yang lebih penting dan perlu untuk dilakukan untuk ummat ini. Kita lebih sering atau cendrung menilai orang lain tanpa atau melupakan penilaian diri kita sendiri, apakah kita sudah lebih baik dari orang yang kita nilai tsbt ?

Keyakinan, sebuah keyakinan, apakah akan sama apa yang kita yakini pada saat ini, setahun ke depan atau setahun sebelumnya ? Bisa tetap sama, bisa menjadi tidak sama, semua berdasarkan pengetahuan yang kita peroleh dan dapatkan. Sumber pengetahuan dalam apa yang kita yakini adalah Kitabullah dan Sunnah, Al Quran dan Hadist hadist. Jika pun telah kita ketahui apakah sama atau menjadi sama dalam memahami hal atau ayat atau hadist yang sama ? Bisa sama bisa jadi tetap tidak sama. Lantas bagaimana ? Kembalikan semua kepada Hakim yang sebenarnya, bukankah kita meyakini suatu saat akan diberitahukan apa apa yang kita perselisihkan tsbt ?

Mungkin akan menjadi lebih indah, lebih baik dunia tempat kita berada jika kita hanya berjalan pada persamaan yang ada diantara kita sebagai ciptaan-Nya, jika semua perbedaan kita serahkan kepada Yang Maha Mengetahui segala apapun, mungkin.

Akhir kata, jika ada yang kebetulan berulang tahun pada hari ini, yang kebetulan lagi membaca tulisan ini, selamat ulang tahun, semoga selalu dalam rahmat Tuhan, semoga selalu dibimbing-Nya dan selalu dalam bimbingan cahaya-Nya dalam menjalani hidup dan kehidupan yang sementara ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Trending Topic

Entertainment

Copyright © 2012. MASRIL KASIM Blog's - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz